Selasa, 10 Januari 2012

Tutorial MS Word Untuk Penomoran Bab - Sub Bab + Daftar Isi Otomatis

Aplikasi ms word pasti udah jadi aplikasi sehari-hari, tapi ternyata jarang juga yang pake dengan optimal. Berdasarkan baca sana sini di buku tutorial yang ada di toko-toko buku, rasanya belum ada yang kasih contoh se singkat ini untuk bisa dipake di dokumen skripsi dan lainnya yang mirip-mirip.
Optimalisasi aplikasi word untuk penyusunan dokumen seperti karya tulis ilmiah (skripsi, thesis, disertasi dll) seringkali memerlukan pengaturan penomoran bab dan sub bab dengan menggunakan legal style. Format penomoran ini merupakan format yang paling sering digunakan dengan cara manual, sedangkan fitur multilevel
list yang sudah ada di ms word dapat memberikan banyak kemudahan bila dapat memahami prinsip penggunaannya. Berikut adalah contoh penomoran legal style :

BAB 1 Pendahuluan >> 1.1 Latar Belakang >> 1.2 Identifikasi Masalah

BAB 2 Tinjauan Pustaka >> 2.1 Teori A >>> 2.1.1 Sub Teori A

……. dan seterusnya,

Terkadang penomoran yang awalnya sederhana dilakukan dengan cara manual, akan menyulitkan ketika jumlah sub bab semakin bertambah. Akibatnya terjadi kesalahan dalam pengurutan penomoran sub bab, bahkan hingga terjadi duplikasi dan terlewat.

Tahap berikutnya yang biasanya akan sangat menyulitkan adalah pada saat penyusunan daftar isi. Keuntungan menggunakan multilevel list ini adalah salah satunya dapat mengaktifkan fitur daftar isi otomatis pada saat yang telah diperlukan, hanya diperlukan 3 kali klik, dan daftar isi pun akan secara otomatis muncul. Berikut adalah video tutorial langkah demi langkah yang perlu dilakukan.

nih ada video tutorialnya 

 


sumber: 
http://sketchmind.net/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar